JudulHubungan Kreativitas Guru Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas V Di SD Inpres Bumi Sagu |
Nama: ERI HERMAWANSA |
Tahun: 2024 |
Abstrak Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan antara kreativitas guru dengan prestasi belajar siswa kelas V SD Inpres Bumi Sagu. Adapun tujuan penelitian untuk mendeskripsikan hubungan antara kreativitas guru dengan prestasi belajar pada siswa kelas V SD Inpres Bumi Sagu. Jenis penelitian adalah yang dilakukan yaitu kualitatif dengan populasi penelitian seluruh siswa kelas V yang terdiri dari 29 siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V SD Inpres Bumi Sagu yang terdiri dari 19 siswa diantaranya 9 laki – laki dan 10 perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dokumentasi, serta wawancara. Analisis data untuk mendeskripsikan digunakan teknik analisis deskriptif dengan rumus: = ???? /???? X100. Berdasarkan hasil analisis deskriptif dari 19 siswa yang menjadi responden yang menyatakan kriteria kreativitas guru sangat baik sebanyak 11 responden atau 457,8947 % sedangkan yang menyatakan kriteria kreativitas guru baik sebanyak 8 responden atau 42,1052%. Dari uraian tersebut, dapat di simpulkan bahwa kreativitas guru sudah menunjukkan kriteria sangat baik, terbukti dari keterangan yang diperoleh dari hasil pengisian angket. Jadi itu sudah dapat membuktikan bahwa guru kelas V SD Inpres Bumi Sagu telah memahami dan menerapkan 6 point kriteria kreativitas guru dalam proses pembelajaran. Adapun terkait dari pilihan alternatif jawaban berdasarkan angket dan secara keseluruhan siswa tidak merata dalam memilih alternatif jawaban, karena itu merupakan faktor-faktor dari siswa itu sendiri. Sedangkan untuk prestasi belajar siswa kelas SD Inpres Bumi Sagu dapat dilihat dari nilai lapor. Dimana nilai lapor dari jumlah 29 populasi yang diambil menjadi sampel 19 responden itu, menunjukkan hasil peningkatan nilai rata- rata terendah mulai dari 64,4 sampai dengan nilai rata – rata tertinggi 79,7. Dari uraian di atas dapat dikatakan guru telah memenuhi kriteria kreativitas guru dalam proses pembelajaran. |