JudulIdentifikasi Alat Musik Tradisional Sebagai Sumber Belajar Di SDN 1 Salumpaga Kecamatan Tolitoli Utara |
Nama: NUR AINUN |
Tahun: 2024 |
Abstrak Nur Ainun, 2023. Identifikasi Alat Musik Tradisional Sebagai Sumber Belajar Di SDN 1 Salumpaga Kecamatan Tolitoli Utara. Hasil. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. Herlina, S.Pd, M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimana mengintegrasikan alat musik tradisional sebagai sumber belajar di SDN 1 Salumpaga Kecamatan Tolitoli Utara? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana cara mengintegrasikan alat musik tradisional sebagai sumber belajar di SDN 1 Salumpaga Kecamatan Tolitoli Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain fenomenologi. Subjek penelitian ini yaitu, Wali Kelas IV, Siswa Kelas IV SDN 1 Salumpaga dan Masyarakat. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di Desa Salumpaga terdapat alat musik tradisional yang dapat dijadikan sebagai sumber belajar yakni alat musik Rebana (Qasidah), Rebana Pengiring Pengantin dan alat musik Kolintang. SDN 1 Salumpaga merupakan salah satu sekolah yang telah mengintegrasikan kearifan lokal alat musik tradisional pada kurikulumnya. Pelajaran tersebut masuk dalam silabus dan RPP. Alat musik tradisional yang dipilih sesuai dengan alat musik yang ada di SDN 1 Salumpaga yaitu alat musik Rebana (Qasidah). Alat musik Rebana (Qasidah) merupakan salah satu alat musik tradisional yang ada di Desa Salumpaga yang umumnya dipertunjukkan dalam acara-acara keagamaan. Kesimpulan penelitian ini adalah di SDN 1 Salumpaga Kecamatan Tolitoli Utara telah mengintegrasikan alat musik tradisional dengan cara sebagai berikut: 1) Guru mengidentifikasi alat musik tradisional; 2) Guru menganalisis kurikulum yang berkaitan dengan pemanfaatan alat musik tradisional; 3) Guru menyusun rencana pembelajaran; 4) Guru melaksanakan pembelajaran dengan mengintegrasikan alat musik tradisional sesuai dengan perencanaan pembelajaran; 5) Guru melakukan penilaian atau evaluasi; 6) Guru melakukan refleksi dan tindak lanjut Kata Kunci : Kearifan Lokal, Sumber Belajar, Rebana (Qasidah), Rebana Pengiring Pengantin, Kolintang. |