JudulPengaruh Penggunaan Modul Pembelajaran Berbasis Kontekstual Pada Materi Pengurangan Bilangan Bulat Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VI SD Inpres 3 Tondo |
Nama: NADIA MASTUR |
Tahun: 2023 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan modul berbasis kontekstual pada materi pengurangan bilangan bulat terhadap hasil belajar siswa kelas VI SD Inpres 3 Tondo. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan partisipan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI B (kelas eksperimen) dan siswa kelas VI A (kelas kontrol). Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, yakni pre-test untuk mengetahui kemampuan awal dan post-test untuk mengetahui kemampuan akhir. Hasil uji homogenitas menunjukkan semua data memiliki varian yang homogen, sedangkan hasil uji normalitas data menunjukkan data tidak normal sehingga dilakukan uji hipotesis menggunakan wilcoxon signed rank test. Hasil dari uji wilcoxon menunjukkan asymp.sig 0,372 > 0,05 maka artinya H0 diterima dan Ha ditolak yang artinya tidak ada pengaruh penggunaan modul pembelajaran berbasis kontekstual pada materi pengurangan bilangan bulat terhadap hasil belajar siswa di kelas VI SD Inpres 3 Tondo. Hasil uji effect size cohen’s d, didapatkan hasil 0,18 yang dalam kriteria effect size cohen’s d termasuk kategori rendah. Hasil ini telah menguatkan uji wilcoxon bahwa modul pembelajaran berbasis kontekstual pada materi pengurangan bilangan bulat tidak berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas VI SD Inpres 3 Tondo. Modul memberikan pengaruh positif dilihat dari data nilai kelas eksperimen yang mengalami peningkatan sebelum dan sesudah pemberian perlakuan. Kata Kunci: Hasil Belajar, Modul Pembelajaran Berbasis Kontekstual, Pengaruh, Pengurangan Bilangan Bulat. |