JudulMENINGKATKAN KETERAMPILAN SISWA DALAM MEMBACA PUISI MELALUI TEKNIK PEMODELAN PADA SISWA KELAS IV SD INPRES PORAME |
Nama: SASKIA SALSA BILLA |
Tahun: 2023 |
Abstrak Tujuan dari penelituan ini sesuai dengan rumusan masalah diatas melalui teknik pemodelan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dalam hal meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan keterampilan siswa kelas IV SD Inpres Porame dalam membaca puisi. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Adapun tahapan dalam penelitian ini meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tindakan siklus I diperoleh ketuntasan belajar klasikal sebesar 50%, namun hasil belajar tersebut belum mencapai indikator capaian yakni 80%, maka dilanjutkan pada siklus II. Pada tindakan pelaksanaan siklus II diperoleh ketuntasan belajar klasikal sebesar 83% meningkat sebanyak 33% atau terdapat 10 orang siswa yang tuntas dari 12 siswa yang mengikuti tes. Aktivitas guru dari 51,4% pada siklus I menjadi 88,5% pada siklus II meningkat sebanyak 35,2%. Aktivitas siswa dari 53,3% pada siklus I menjadi 86,6% pada siklus II meningkat sebanyak 33,3%. Beradasarkan persentase nilai rata-rata dan ketuntasan belajar klasikal maka dapat disimpulkan bahwa penerapan teknik pemodelan pada pembelajaran bahasa Indonesia dapat meningkatkan keterampilan membaca puisi siswa kelas IV SD Inpres Porame. Kata Kunci: Teknik Pemodelan, Keterampilan Membaca Puisi |