Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGEMBANGAN BAHAN AJAR LUAS SEGITIGA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PENEMUAN TERBIMBING DI SDN 15 PALU
Nama: ARI FERDIAN
Tahun: 2023
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar luas segitiga dengan menguunakan metode penemuan terbimbing dan untuk mengetahui apakah bahan memenuhi kriteria valid dan praktis. Subjek penelitian berjumlah 33 siswa, 6 orang siswa V A dan 27 orang siswa IV B SDN 15 Palu. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan metode pengembangan menggunakan model Borg dan Gall. Prosedur pengembangan bahan ajar hanya menggunakan 7 tahap dari sepuluh tahap, yaitu: 1) Research and Information Collection, 2) Planning, 3) Develop Preminary Form of Product, 4) Preliminary Field Testing, 5) Main Product Revision, 6) Main Field Testing, 7) Operational Product Revision.Teknik pengumpulan data mengunakan observasi, wawancara, dan angket. Penentuan tingkat kelayakan bahan ajar luas segitiga dengan metode penemuan terbimbing berdasarkan uji validasi ahli dan uji coba kepada siswa dan guru melalui angket di SDN 15 Palu, serta bahan ajar dikatakan layak apabila memperoleh kriteria minimal “baik”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kelayakan bahan ajar luas segitiga dengan metode penemuan terbimbing dinyatakan layak melalui pengujian ahli, pendapat guru dan pendapat siswa. Hasil validasi media bahan ajar memperoleh nilai rata-rata 4,3 sehingga bahan ajar masuk klasifikasi “sangat baik”. Hasil validasi materi memperoleh nilai rata- rata 4,0 sehingga masuk klasifikasi “baik”. Hasil dari uji coba lapangan utama bagi guru memperoleh nilai rata-rata 4,3 dengan klasifikasi “sangat baik”, hasil angket respon siswa memperoleh nilai rata-rata 4,6 dengan klasifikasi “sangat baik”. Dengan demikian bahan ajar matematika luas segitiga dengan metode penemuan terbimbing layak untuk digunakan sebagai bahan ajar untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar. Kata kunci: Pengembangan Bahan Ajar, Luas Segitiga, Metode Penemuan Terbimbing.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up