JudulPengembangan E-Module Serli Berbasis Android (E-Module Seroid) Pada Materi Tata Surya Bagi Siswa Kelas VI Sekolah Dasar Inpres Bumi Sagu |
Nama: ASTRI DWI WULANDARI |
Tahun: 2023 |
Abstrak Pembelajaran materi tata surya yang dilaksanakan tanpa melakukan praktek disebabkan alat dan media pembelajaran yang tidak lengkap. Media pembelajaran yang digunakan juga masih berbahan cetak dan tidak bebas digunakan siswa karena merupakan buku milik sekolah. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran yang tadinya masih menggunakan media cetak menjadi media elektronik berupa emodul berbasis aplikasi android sehingga dapat memudahkan siswa dan guru dalam proses pembelajaran juga memungkinkan untuk dilakukannya praktek. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan atau Research and Development (RnD) dengan menggunakan model ADDIE. Emodul yang dikembangkan diuji kevalidan media, uji kevalidan materi, dan uji kepraktisan oleh ahli dan pengguna. Objek pada penelitian ini adalah kelompok kecil yang berisikan 6 orang siswa kelas 6 SD dan seorang guru wali kelas 6 di SD Inpres Bumi Sagu. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode observasi, wawancara, penyebaran angket/kuesioner. Berdasarkan validasi media, validasi materi, dan uji coba lapangan didapatkan hasil emodul serli yang valid dan praktis sehingga layak digunakan untuk digunakan dalam pembelajaran materi tata surya bagi kelas VI Sekolah Dasar. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil bahwa pembelajaran menggunakan emodul serli efektif dan praktis pengguna dalam proses pembelajaran. Kata kunci: E-modul, Serli, Discovery Learning, Tata Surya, Android |