JudulPengembangan E-Modul Serli Berbasis Android (E-Modul Seroid) Pada Materi Listrik Kelas VI Sekolah Dasar Negeri Biro |
Nama: DHINI DWI CAHYANI.R |
Tahun: 2023 |
Abstrak ABSTRAK Dhini Dwi Cahyani.R, 2022. “Pengembangan E-module Serli Berbasis Android (E-module Seroid) pada Materi Listrik bagi Peserta Didik VI SDN Biro”. Hasil. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Kepenguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Azizah S.Si., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-module Serli (E-module Seroid) berbasis Android pada materi kelistrikan kelas VI Sekolah Dasar yang memenuhi kriteria valid dan kriteria praktis. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan. Model pengembangan ini meliputi: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, dan revisi produk. Subyek penelitian ini terdiri dari tim ahli media, ahli materi, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan penyebaran angket. Hasil analisis data diperoleh hasil rata-rata validasi ahli materi sebesar 3,52 dengan kriteria sangat valid. Begitupun hasil rata-rata validasi ahli media sebesar 3,28 dengan kriteria valid. E-module Seroid materi listrik untuk pembelajaran Sains di Kelas VI SD yang dikembangkan juga telah memenuhi kriteria praktis. Hal ini dibuktikan dari interval skor yang diperoleh dari instrumen lembar kepraktisan media oleh pengguna guru sebesar 4 dengan kriteria sangat praktis dan pengguna siswa sebesar 3,94 dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan E-module Serli berbasis Android (E-module Seroid) untuk materi kelistrikan di Kelas VI SD yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid dan praktis. Kata Kunci; E-module, E-module Serli, Android, Materi Listrik |