Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SD Negeri Tondo
Nama: TRISILAWATI A. ABAN
Tahun: 2023
Abstrak
Trisilawati A. Aban, (A40119010) 2023. Pengaruh model pembelajaran talking stick terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri Tondo Skripsi Program Studi Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing Saritan N Kaharu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Talking stick terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri Tondo. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian quasi eksperimen, desain penelitian menggunakan nonequivalent control grup design. Untuk teknik penelitian menggunakan teknik puposive sampling. Sampel pada penelitian ini berjumlah 54 siswa dari kelas VA dan VB, yang terdiri dari 27 siswa kelas VA sebagai kelas eksperimen dan 27 siswa kelas VB sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian ini adalah tes hasil belajar berupa 18 soal berbentuk pilihan ganda. Data dianalisis secara statistik untuk mencari tahu pencapaian signifikan antara dua kelompok, kelompok eksperimen menggunakan model pembelajaran talking stick memperoleh nilai rata-rata posttest 81,12 sedangkan kelas kontrol menggunakan model konvensional memperoleh nilai rata-rata posttest 49,95. Berdasarkan nilai signifikan Paired Sampel T Test sdalah 0,000, karena nilai signifikan T-test < 0,05 (0,000 < 0,05) dilakukan pada taraf signifikan 5% (0,05), maka Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Talking Stick terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri Tondo. Kata kunci: Model pembelajaran talking stick, hasil belajar IPA

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up