Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas V SD Negeri Tondo
Nama: SRIWAHYUNI Y. BOROMANG
Tahun: 2023
Abstrak
Sriwahyuni Y. Boromang, (A40119008) 2023. Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V SD Negeri Tondo. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Saritan N. Kaharu, S.Pd., M.Pd. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SD Negeri Tondo. Desain metode eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonequivalent control group design. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Negeri Tondo yang berjumlah 55 orang. Siswa kelas eksperimen berjumlah 28 orang dan siswa kelas kontrol berjumlah 27 orang. Pengambilan data yang dilakukan menggunakan tes pilihan ganda. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan berbantukan SPSS Statistic Versi 25. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan hasil nilai signifikan 0,000 < 0,05 maka menerima hipotesis Ha dan menolak HO, artinya model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SD Negeri Tondo. Kata kunci: Contextual Teaching and Learning, Hasil Belajar

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up