JudulPengaruh Model Disvovery Learning Menggunakan Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Matapelajaran IPA Materi Perpindahan Kalor Kelas V SDN Tondo |
Nama: RISKA ANANDA |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Riska Ananda, (A40119006) 2023. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery learning menggunakan metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SD Negeri Tondo. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Saritan N. Kaharu, S.Pd., M.Pd. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran Discovery learning menggunakan metode Eksperimen terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri Tondo. Desain metode eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonequivalent control group design. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Negeri Tondo yang berjumlah 52 orang. Siswa kelas eksperimen berjumlah 26 orang dan siswa kelas kontrol berjumlah 26 orang. Pengambilan data yang dilakukan menggunakan tes pilihan ganda. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan berbantukan SPSS Statistic Versi 25. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan hasil nilai signifikan 0,000 < 0,05 maka menerima hipotesis Ha dan menolak HO, artinya model pembelajaran Discovery learning dengan menggunakan metode Eksperimen berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri Tondo. Kata kunci: Discovery learning , Hasil Belajar |