JudulPeningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Menggunakan Metode Demonstrasi Berbantuan Media Komaca Di Kelas I SDN 2 Tinggede |
Nama: NUR SASKIA ULFA |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Nur Saskia Ulfa, 2024. “Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Menggunakan Metode Demonstrasi Berbantuan Media Komaca di kelas I SDN 2 Tinggede”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako Palu. Pembimbing Nurul Fitriah Aras. ?Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan menggunakan metode demonstrasi berbantuan media Komaca di kelas I SDN 2 Tinggede. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Adapun desain penelitian yang digunakan mengacu pada model Kemmis dan Mc. Taggart dengan menggunakan dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah kelas I SDN 2 Tinggede yang berjumlah 10 siswa terdiri 4 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kuantitatif. Peningkatan kemampuan membaca permulaan tersebut dapat dilihat berdasarkan persentase yang meningkat dari observasi kemampuan membaca siswa yang berada dikategori baik sebesar 30% mengalami peningkatan 30% pada Siklus I menjadi 60%, kemudian pada Siklus II meningkat 30% menjadi 90%, sehingga pembelajaran dikatakan berhasil karena perhitungan persentase kemampuan membaca permulaan menunjukkan ? 76?rhasil mencapai kriteria baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa menggunakan metode Demonstrasi berbantuan media Komaca dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa dikelas I SDN 2 Tinggede. Kata kunci: Membaca Permulaan, Metode Demonstrasi, Media Komaca |