Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH PENGGUNAAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATERI PENJUMLAHAN BILANGAN BULAT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI SDN LASOANI
Nama: SITI FADLIAH
Tahun: 2023
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan modul pembelajaran berbasis kontekstual pada materi penjumlahan bilangan bulat terhadap hasil belajar siswa kelas VI SDN Lasoani. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen menggunakan metode Quasi expserimental dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas VI SDN Lasoani yang berjumlah 41 orang. Siswa kelas eksperimen berjumlah 21 orang dan siswa kelas kontrol berjumlah 20 orang. Instrumen yang digunakan adalah instrument test yaitu soal pilihan ganda dan analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas serta pengujian hipotesis menggunakan uji paired sampel t-test yang dianalisis menggunakan SPSS for Windows. Berdasarkan hasil uji t-test menunjukan pengaruh signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak, artinya penggunaan modul pembelajaran berbasis kontekstual pada materi penjumlahan bilangan bulat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas VI SDN Lasoani. Hasil uji effect size cohen’s d, didapatkan hasil 0,849 yang dalam effect size cohen’s d termasuk kategori tinggi. Hasil ini telah menguatkan uji paired sampel t-test bahwa ada pengaruh penggunaan modul pembelajaran berbasis kontekstual pada materi penjumlahan bilangan bulat terhadap hasil belajar siswa kelas VI SDN Lasoani. Kata Kunci : Modul pembelajaran berbasis kontekstual, Materi penjumlahan bilangan bulat, Hasil belajar siswa.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up