JudulPEMANFAATAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD 9 TANANTOVEA DALAM PEMBELAJARAN IPS |
Nama: YUDHITRIANA |
Tahun: 2024 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan media gambar terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD 9 Tanantovea dalam pembelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif (eksperimen), dengan menggunakan desain pre-eksperimental dengan model desain one group pretest-posttest. Populasi dan sampel penilitian ini seluruh kelompok siswa kelas IV SD 9 Tanantovea, yaitu 16 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan tes, tes diberikan sebelum diberikan perlakuan (pretest) dan tes diberikan setalah diberikan perlakuan (posttest). Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik inferensial dengan menggunakan rumus statistik korelasi product momen (angka kasar) untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan adanya ada pengaruh yang signifikan antara media gambar dengan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil tersebut = 0,574 > = 0,4973. pada taraf signifikansi 5% (0,4973), maka lebih besar dari. Nilai pada df = N-2 (16-2=14) pada taraf signifikansi 5% sebesar 2,144, berarti 4,477 >2,144, atau hipotesa alternative diterima. Maka dapat ditarik kesimpulannya yaitu, hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV SD 9 Tanantovea yaitu adanya pengaruh positif setelah menggunakan media gambar dibandingkan dengan sebelum menggunakan media gambar. |