Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulANALISIS KEKERASAN SIMBOLIK DALAM PERSPEKIF HABITUS DI SDN 25 PALU
Nama: AYU NUR ILMA
Tahun: 2022
Abstrak
Ayu Nur Ilma, 2022. Analisis Kekerasan Simbolik dalam Perspektif Habitus Di SDN 25 PALU. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Arif Firmansyah Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah terdapat kekerasan simbolik di SDN 25 Palu dan bagaimana bentuk – bentuk kekerasan simbolik dalam perspektif habitus di SDN 25 Palu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kekerasan simbolik dalam perspektif habitus di SDN 25 Palu dan untuk mengetahui bentuk kekerasan simbolik dalam perspektif habitus yang ada di SDN 25 Palu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Data diperoleh dari penelitian ini dengan menggunakan observasi, wawancara guru, siswa, dan orang tua siswa serta dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan Data Reduksi (Data Reduction) Penyajian Data (Data Display) dan Penarikan Kesimpulan (Conslusion Drawing Verification). Berdasarkan hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa adanya kekerasan simbolik yang terjadi di SDN 25 Palu dan bentuk kekerasan simbolik yang terjadi siswa di sekolah di perintahkan mematuhi tata tertib peraturan – peraturan yang berlaku, guru memberikan perbandingan antara siswa ekonomi bawah dengan siswa ekonomi tinggi sehingga terjadi hak – hak istimewa dan guru sering menunjukan kekuasaan mereka sebagai guru kepada siswanya. Orang tua cenderung memberikan hukuman kepada sang anak. Jadi dapat disimpulkan bahwa kekerasan simbolik itu sering terjadi tanpa disadari. Kekerasan simbolik di sekolah yang dirasakan siswa lebih bersifat menyinggung dan memaksa. Kata Kunci : Kekerasan Simbolik, Habitus dan Modal.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up