JudulPenerapan Metode SAS Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas I SDN 9 Mamboro |
Nama: NURHAKIM |
Tahun: 2023 |
Abstrak Nurhakim 2023. Penerapan Metode SAS Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas I SDN 9 Mamboro. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Idris Penelitian ini bertujuan untuk memberi informasi mengenai Penerapan Metode SAS untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kalas I SDN 9 Mamboro. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (PTK). Rencana penelitian tindakan kelas ini menggunakan model penelitian yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari II siklus, setiap siklus meliputi beberapa tahap yaitu: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan tindakan, (3) Observasi, (4) Refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 9 Mamboro, tahun ajaran 2022/2023 dan subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas I SDN 9 Mamboro yang berjumlah 35 siswa yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan dua jenis data yaitu data kuantitatif berupa angka dan data kualitatif berupa data. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi hasil belajar siswa dari tes awal, siklus I, dan siklus II. Hasil kemampuan membaca permulaan siklus I diperoleh nilai rata-rata siswa sebesar 69 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal 45,71%. Sedangkan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata siswa sebesar 81 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 77,14%. Berdasarkan persentase hasil belajar siswa siklus I dan siklus II, maka terjadi peningkatan yang signifikan yaitu ketuntasan belajar klasikal (KBK) meningkat sebesar 31,43%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan metode SAS dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa di kelas I SDN 9 Mamboro. Kata Kunci: Keterampilan Membaca, Metode SAS |