JudulPeran Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Kelas V SDN 16 Banawa Selatan Di Masa Pandemi Covid 19 |
Nama: ESTER FABUANA PENONE |
Tahun: 2023 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsiskan peran guru dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik,serta faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar siswa selama dalan proses pembelajaran. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif bersifat deskriptif dengan lokasi dan objek penelitian yang bertempat di SDN 16 Banawa Selatan. Dalam penelitian ini terdiri dari peran guru dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik, Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan angket , instrumen penelitian yang digunakan yaitu pedoman wawancara dan data angket, Teknik analisis data menggunakan reduksi data, triangulasi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1), peran guru dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik sangatlah penting, beberapa peran guru yaitu guru sebagai pemberi stimulus, motivasi, serta melakukan pendekatan dan menciptakan suasana belajar yang nyaman ke peserta didik. (2), faktor yang mendukung guru dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik yaitu, fasilitas belajar yang tersedia, lingkungan sekolah yang kondusif, dan kehadiran peserta didik.Sedangkan faktor penghambat yaitu penggunaan waktu belajar mengajar yang terbatas. Kata kunci: Peran Guru , Kesulitan Belajar, Peserta Didik |