JudulMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SD AL-KHAIRAAT DONGGULU |
Nama: ROSDIANTI |
Tahun: 2022 |
Abstrak Rosdianti (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SD AL-KHAIRAAT Donggulu. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing: Rizal. Berdasarkan hasil observasi aktivitas siswa dan guru analisis hasil belajar siswa dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui metode Pembelajaran Berbasis Masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Kelas V SD Al-Khairaat Donggulu. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatkan hasil belajar siswa dari siklus 1 hasil Pra Tindakan, analisis hasil belajar siswa untuk daya serap klasikal mencapai 51% sedangkan ketuntasan belajar klasikal hanya mencapai 45%. Hasil tindakan siklus 1, analisis hasil belajar siswa untuk daya serap klasikal mencapai 67, 75% sedangkan ketuntasan belajar siswa untuk daya serap klasikal mencapai 85.00% sedangkan ketuntasan belajar klasikal mencapai 100%. Kata kunci: Hasil Belajar, Metode Pembelajaran Berbasis Masalah |