JudulHUBUNGAN KREATIVITAS MENGAJAR GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV, V, DAN VI SD INPRES 004 TIKKE |
Nama: SALMAWATI |
Tahun: 2023 |
Abstrak ABSTRAK Skripsi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kreativitas mengajar guru terhadap hasil belajar siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif yang bersifat korelasi. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan angket. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV, V, VI serta Kepala Sekolah SD Inpres 004 Tikke yang berjumlah 82 orang. Data yang diperoleh dianalisis secara kuantitatif menggunakan bantuan software Statistical Package for the Social Science (SPSS) version 23 for windows. Berdasarkan hasil uji korelasi kreativitas mengajar guru kelas IV diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000<0,05, sehingga hipotesis nol (Ho) ditolak dan menerima hipotesis alternative (Ha), besarnya nilai pearson correlation 0,975, hal ini menandakan hubungan kreativitas guru dengan hasil belajar siswa sangat kuat. Hasil uji korelasi kreativitas mengajar guru kelas V diperoleh nilai Sig. (2-tailed) 0,012<0,05, sehingga hipotesis nol (Ho) ditolak dan menerima hipotesis alternative (Ha), besarnya nilai pearson correlation 0,488, hal ini menandakan hubungan kreativitas guru dengan hasil belajar siswa cukup kuat. Hasil uji korelasi kreativitas mengajar guru kelas VI diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000<0,05, sehingga hipotesis nol (Ho) ditolak dan menerima hipotesis alternative (Ha), besarnya nilai pearson correlation 0,998, hal ini menandakan bahwa hubungan kreativitas guru dengan hasil belajar siswa sangat kuat. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kreativitas mengajar guru terhadap hasil belajar siswa kelas IV, V, dan VI di SD Inpres 004 Tikke. Kata kunci: hubungan, kreativitas mengajar guru, hasil belajar siswa. |