JudulPenerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Perkalian Cara Susun Di Kelas IV SD Inpres Tosonde |
Nama: MUNIFA |
Tahun: 2022 |
Abstrak Munifa, 2022. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Perkalian Cara Susun di Kelas IV SD Inpres Tosonde. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Akina. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika materi perkalian cara susun pada siswa kelas IV SD Inpres Tosonde. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Rencana penelitian tindakan kelas ini menggunakan model penelitian yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari 2 siklus, setiap siklus meliputi beberapa tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan (4) refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SD Inpres Tosonde, tahun ajaran 2021/2022 dan subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Inpres Tosonde yang berjumlah 20 orang siswa, penelitian ini menggunakan dua jenis data yaitu data kuantitatif berupa angka dan data kualitatif berupa data. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi hasil belajar siswa yang diambil dari pemberian tes awal dan tes akhir siklus, kemampuan guru dalam pengelolaan pembelajaran diambil dari lembar observasi kegiatan guru dan aktivitas siswa yang diambil dari lembar observasi kegiatan siswa. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata siswa pada siklus I mencapai 65 dengan ketuntasan belajar klasikal mencapai 56,25?n pada siklus II diperoleh nilai rata-rata siswa mencapai 85 dengan ketuntasan belajar klasikal mencapai 81, 25%. Hal ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT hasil belajar siswa dapat meningkat. Kata kunci: kooperatif tipe NHT, Hasil Belajar, Mata Pelajaran Matematika. |