JudulPengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Papercraft Dalam Meningkatkan Kreativitas Seni Budaya Dan Prakarya (SBdP) Di SD Inpres 3 Tondo |
Nama: NUR AZIZAH E ELAM |
Tahun: 2025 |
Abstrak Nur Azizah E Elam, 2025. “ Penggunaan Media Pembelajaran Papercraft Dalam Meningkatkan Kreatifitas Seni Budaya Dan Prakarya (SBDP) di SD”. Skripsi. Program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Tadulako, Pembimbing Surahman, S.Pd., M.pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif media pembelejaran papecraft dalam proses pembelajaran seni budaya dan prakarya (SBdP) kelas III di SD Inpres 3 Tondo. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III Tahun Pelajaran 2024/2025 berjumlah 30 siswa. pengambilan sampel dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, yakni tes awal (pre-test) dan tes akhir (post-test). Berdasarkan hasil penelitian mengenai Penggunaan Media pembelajaran Papercraft Dalam Meningkatkan Kreatifitas Siswa kelas III SD Inpres 3 Tondo, peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa ada pengaruh media pembelajaran terhadap peningkatan kreatifitas siswa. dari hasil penelitian diketahui rata-rata pre-test 58 dan rata-rata post-test 69, dengan selisih nilai rata-rata hasil belajar siswa 11. Berdasarkan analisis dengan teknik inferensial, bahwa tes hasil belajar siswa diperoleh perhitungan dengan uji-t yaitu thitng sebesar 2,593 dengan ttabel pada taraf signifikan 5?ngan derajat perbedaan (d.b) = N-1 = 30-1 = 29 maka ttabel = 2,045, dari hasil analisis data tersebut bahwa thitung > ttabel atau 2,593 > 2,045. Karena diketahui thitung > ttabel ini berarti hipotesis nihil (Ho) ditolak, sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh peningkatan kreatifitas dengan menggunakan media pembelajaran papercraft pada mata pelajaran seni budaya dan prakrya (SBdP) kelas III SD Inpres 3 Tondo. kata kunci : Media Pembelajaran (media papecraft ), Meningkatkan Kreatifitas Siswa |