JudulANALISIS KESALAHAN KONSEP, FAKTA, PRINSIP DAN KETERAMPILAN BERDASARKAN KEMAMPUAN BERPIKIR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PENGURANGAN PECAHAN DI KELAS VSD INPRES 6 LOLU |
Nama: NAHARA LATIF L |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Nahara Latif L 2022. Analisis Kesalahan Konsep, Fakta, Prinsip dan Keterampilan Berdasarkan Kemampuan Berpikir Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pengurangan Pecahan di Kelas V SD Inpres 6 Lolu. Jurusan Ilmu Pendidikan. Universitas Tadulako. Pembimbing Mufida Penelitian ini bertujuan untuk memberikan informasi terkait kesalahan konsep, fakta, prinsip dan keterampilan berdasarkan kemampuan berpikir siswa dalam menyelesaikan soal pengurangan pecahan biasa dengan pecahan biasa dan bilangan asli dengan pecahan campuran di kelas V SD inpres 6 lolu. Subjek dipilih berdasarkan tingkat kemampuan berpikir tinggi, sedang, dan rendah. Metode yang digunakan metode deskriptif kualitatif, tes tertulis, dan wawancara. Analisis data yang dilakukan adalah analisis kesalahan konsep, fakta, prinsip, dan keterampilan berdasarkan Langkah Polya yang meliputi memahami masalah, merencanakan penyelesaian, melaksanakan rencana, dan memeriksa kembali. Berdasarkan hasil tes tertulis dan wawancara, diperoleh bahwa siswa dengan kemampuan berpikir tingkat tinggi melakukan 2 kesalahan yaitu kesalahan prinsip dan keterampilan, siswa dengan kemampuan berpikir tingkat sedang melakukan 3 kesalahan yaitu kesalahan fakta, prinsip dan keterampilan, dan siswa dengan kemampuan berpikir tingkat rendah melakukan 4 kesalahan yaitu kesalahan konsep, fakta, prinsip, dan kesalahan keterampilan. Kata Kunci: Analisis Kesalahan Konsep, Fakta, Prinsip dan Keterampilan, Kemampuan Berpikir, Pengurangan Pecahan, |