JudulIMPLEMENTASI MODUL QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VI SD 25 PALU |
Nama: FITRIA |
Tahun: 2023 |
Abstrak ABSTRAK Implementasi Model Quantum Teaching untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VI SD 25 Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SD 25 Palu dalam pembelajaran Quantum Teaching. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas, yang dilaksanakan di kelas VI SD 25. Palu. Subjek penelitian melibatkan 10 siswa yang terdaftar pada tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc.Taggart yang terdiri atas dua siklus. Pada setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan hasil tes pra tindakan dengan presentase ketuntasan belajar klasikal mencapai 40?n daya serap klasikal 63%. Siklus I dengan perolehan presentase ketuntasan klasikal 70?n daya serap klasikal 81% meningkat pada siklus II dengan presentase ketuntasan klasikal sebesar 100?n daya serap klasikal 86% Aktivitas guru pada siklus I mencapai 72,22?ngan kriteria cukup. Pada siklus II terjadi peningkatan 94,,44?ngan kriteria sangat baik. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I 70,83?ngan kriteria cukup, pada siklus II terjadi peningkatan 93.05?ngan kriteria sangat baik. Disimpulkan bahwa model Pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar IPS Kelas VI SD 25 Palu Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa Quantum Teaching, Mata Pelajaran IPS |