JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CTL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 16 BANAWA SELATAN |
Nama: YIYIN TOLIMBA |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Yiyin Tolimba (2022) “Penerapan Model Pembelajaran CTL Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 16 Banawa Selatan”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing : Azizah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA khususnya materi energi alternatif dengan penerapan model pembelajaran CTL pada kelas IV SDN 16 Banawa Selatan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 16 Banawa Selatan yang berjumlah 21 orang. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data di kumpulkan melalui tes hasil belajar siswa, lembar aktivitas guru, dan aktivitas siswa. Hasil pelaksanaan penelitian menunjukan bahwa tes hasil belajar siswa siklus I dengan pembelajaran IPA diperoleh persentase ketuntasan klasikal sebesar 28,57?ngan siswa yang tuntas berjumlah 6 siswa dari 21 siswa. Pada siklus II hasil tes belajar siswa dengan pembelajaran IPA meningkat 61.9% menjadi 90,47?ngan siswa yang tuntas berjumlah 19 siswa dari 21 siswa. Nilai tersebut melebihi persentase ketuntasan klasikal yang di tetapkan oleh SDN 16 Banawa Selatan yaitu sebesar 70%. Aktivitas guru dan akvitas siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Oleh karena itu dapat di simpulkan bahwa penerapan model pembelajaran CTL dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 16 Banawa Selatan karena dalam pembelajaran siswa terlibat langsung dan mengaitkan pelajaran dengan kehidupan nyata. Kata Kunci :Model Pembelajaran CTL, Hasil Belajar, dan Pembelajaran IPA |