JudulMENINGKATKAN KEMAMPUAN BERMAIN ALAT MUSIK CAJON DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DI KELAS V SD NEGERI 2 TOINASA |
Nama: HENDRA GUNAWAN DESE |
Tahun: 2022 |
Abstrak Hendra Gunawan Dese, 2022. Meningkatkan Kemampuan Bermain Alat Musik Cajon Dengan Menggunakan Metode Demonstrasi Di Kelas V Sd Negeri 2 Toinasa. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako Palu. Pembimbing : Yun Ratna Lagandesa. Tujuan penelitian ini adalah untuk Meningkatkan Kemampuan Bermain Alat Musik Cajon Dengan Menggunakan Metode Demonstrasi Di Kelas V Sd Negeri 2 Toinasa. Bentuk Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan kelas ini menggunakan 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu : (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan Tindakan, (3) Observasi, (4) Refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Toinasa yang berjumlah 14 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran menggunakan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terlihat pada hasil yang diberikan pada siklus I dimana diperoleh daya serap klasikal 53,28?ngan presentase ketuntasan belajar klasikal 21,42?n pada siklus II diperoleh daya serap klasikal sebesar 100?ngan presentase ketuntasan belajar klasikal 87,07%. Berdasarkan indikator kinerja penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran menggunakan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci : Metode Demonstrasi, Jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Hasil Belajar Siswa, Pembelajaran SBdP |