JudulHUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA SDN 6 BALAESANG |
Nama: ULFA DAMAYANTI |
Tahun: 2023 |
Abstrak ABSTRAK Ulfa Damayanti (2022). Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa SDN 6 Balaesang. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing: Muhammad Aqil. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa SDN 6 Balaesang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Variable dalam penelitian ini yaitu motivasi belajar sebagai variable bebas sedangkan variable terikat adalah hasil belajar. Teknik pengumpulan data; observasi, angket dan dokumentasi. Berdasakan hasil perhitungan analisis deskriptif motivasi belajar siswa kelas IV SDN 6 Balaesang, terdapat 8 orang siswa atau 80% memiliki motivasi belajar rendah, 2 orang siswa atau 20 %. Hal ini menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa berhubungan dengan hasil belajar siswa karena siswa yang memiliki motivasi sedang terbukti tidak mendapatkan nilai hasil belajar yang tinggi, dan sebaliknya ada siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi tetap mendapatkan nilai hasil belajarnya baik. Berdasarkan analisis inferensial, diperoleh rhitung ini dikonsultasikan ke rtabel dengan jumlah sampel penelitian 10 dan taraf kepercayaan maka diperoleh rtabel yaitu 0,021 Sehingga rhitung< rtabel atau 0,021 < 1.81246 berdasarkan data penelitian kualitatif, jika rhitung< rtabel maka Ho diterima dan Ha diterima. Dengan demikian dapat dikemukakan bahwa Ha yang diajukan dalam penelitian ini diterima dan Ho ditolak atau dapat dikatakan bahwa ada hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa SDN 6 Balaesang. Kata Kunci : Motivasi Belajar dan Hasil Belajar |