JudulMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA MATA PELAJARAN SBdP DI KELAS V SDN WATUMAETA |
Nama: AGUSTINUS RORENG |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Agustinus Roreng, 2022 Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Media Audio Visual Pada Mata Pelajaran SBdP di Kelas V SDN Watumaeta Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universistas Tadulako. Pembimbing Yun Ratna Lagandesa, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Masalah dalam penelitian ini adalah rendanhya hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran seni budaya dan prakarya (SBdP) dikelas V SDN Watumaeta. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran SBdP dikelas V SDN Watumaeta dengan menggunakan media audio visual. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Watumaeta dengan melibatkan 24 siswa, yakni 13 siswa laki – laki dan 11 siswa perempuan pada tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Dimana setiap siklus terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. hasil penelitian pada tes awal ketuntasan klasikal 67,5?n daya serap klasikal 25% kemudian hasil penelitian pada siklus I diperoleh ketuntasan klasikal 72,29?n daya serap klasikal 41,66?n pada siklus II diperoleh ketuntasan klasikal 83,33?n daya serap klasikal 77,29% sehingga dapat disimpulkan bahwa penggnaan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran SBdP di kelas V SDN Watumaeta. Kata Kunci : Hasil Belajar SBdP, Menggunakan Media Adio Visual. |