JudulMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE ICE BREAKING DIKELAS IV SDN 9 MAMBORO |
Nama: RAFIQAH PUTRI MALADJAI |
Tahun: 2024 |
Abstrak Rafiqah Putri Maladjai, 2024. Meningkatkan Hasil Belajar Anak Dengan Menggunakan Ice Breaking Di Kelas IV SDN 9 Mamboro. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Yun Ratna Lagandesa S.Pd.,M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk memberi informasi mengenai Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Ice Breaking Di Kelas IV SDN 9 Mamboro. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (PTK). Rencana penelitian tindakan kelas ini menggunakan model penelitian yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari II siklus, setiap siklus meliputi beberapa tahap yaitu: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan tindakan, (3) Observasi, (4) Refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 9 Mamboro, tahun ajaran 2022/2023 dan subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 9 Mamboro yang berjumlah 26 siswa yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan dua jenis data yaitu data kuantitatif berupa angka dan data kualitatif berupa data. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi hasil belajar siswa dari tes awal, siklus I, dan siklus II. Hasil Belajar permulaan siklus I diperoleh nilai rata-rata siswa sebesar 47 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal 23,07%. Sedangkan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata siswa sebesar 76 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 73,07%. Berdasarkan persentase hasil belajar siswa siklus I dan siklus II, maka terjadi peningkatan yang signifikan yaitu ketuntasan belajar klasikal (KBK) meningkat sebesar 73,43%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode Ice Breaking dapat meningkatakan hasil belajar siswa di kelas IV SDN 9 Mamboro. Kata Kunci: Hasil Belajar, Metode Ice Breaking |