JudulPENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV DI SDN 11 SINDUE |
Nama: ZAHRA |
Tahun: 2023 |
Abstrak ABSTRAK Skripsi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran guided discovery terhadap minat belajar siswa kelas IV di SDN 11 Sindue. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian Quasi Eksperimental Desain. Subyek pada penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN 11 Sindue yang berjumlah 24 orang. Siswa kelas eksperimen berjumlah 12 orang dan siswa kelas kontrol berjumlah 12 orang. Pengambilan data yang dilakukan menggunakan instrumen penelitian berupa angket pre-test dan post-test. Pada kelas eksperimen diberikan perlakuan sebanyak 2 kali dengan menggunakan model pembelajaran guided discovery sedangkan di kelas kontrol tidak diberikan perlakuan. Analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu menggunakan uji normalitas dan uji homegenitas serta pengujian hipotesis menggunakan uji paired sampel t-test berbantuan program SPSS Statistic versi 23. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan nilai signifikansi 0,001 < 0,05 maka menerima hipotesis Ha dan menolak Ho, artinya model pembelajaran Guided Discovery efektif digunakan dalam meningkatkan minat belajar siswa. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Guided Discovery efektif digunakan dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas IV di SDN 11Sindue. Kata Kunci : Model Pembelajaran Guided Discovery, Minat Belajar Siswa, Pembelajaran IPA |