Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulHUBUNGAN DISIPLIN KELAS DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SDN TOMEHIPI KABUPATEN POSO
Nama: MERILIN VINI WANIHI
Tahun: 2022
Abstrak
ABSTRAK Merilin Vini Wahini, 2022. “Hubungan Disiplin Kelas dengan Prestasi Belajar Siswa di SDN Tomehipi Kabupaten Poso”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Rizal, S.Ag., M.Pd. permasalahan dalam penelitian ini yaitu apakah ada Hubungan Disiplin Kelas dengan Prestasi Belajar Siswa di SDN Tomehipi Kabupaten Poso. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada Hubungan Disiplin Kelas dengan Prestasi Belajar Siswa di SDN Tomehipi Kabupaten Poso. Adapun sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V yang berjumlah 34 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket dan dokumentasi. Selanjutnya data yang terkumpul diolah dan dianalisis dengan menggunakan teknik presentase dan korelasi product moment pada taraf signifikan 95%. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan Disiplin Kelas dengan Prestasi Belajar Siswa di SDN Tomehipi Kabupaten Poso. Hal tersebut terlihat dari hasil persentase angket siswa, dimana dapat di simpulkan bahwa dari 34 siswa terdapat 9 siswa atau 26,47% yang memiliki disiplin kelas sangat tinggi dengan prestasi belajar sangat tinggi, 2 siswa atau 5,88% yang memiliki disiplin kelas sangat tinggi dengan prestasi belajar tinggi, 12 siswa atau 35,29% yang memiliki disiplin kelas tinggi dengan prestasi belajar sangat tinggi, 10 siswa atau 29,41% yang memiliki disiplin kelas tinggi dengan prestasi belajar tinggi, dan 1 siswa atau 2,94% yang memiliki disiplin kelas sedang dengan prestasi belajar sangat tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan ada hubungan Disiplin Kelas dengan Prestasi Belajar Siswa di SDN Tomehipi Kabupaten Poso. Kata Kunci : Disiplin kelas, Prestasi belajar siswa.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up