Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MEMAHAMI MATERI EKOSISTEM PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS V SDN 6 PALU
Nama: MARSELA MANURU KURORU
Tahun: 2022
Abstrak
ABSTRAK Marsela Manuru Kuroru 2022. “Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Memahami Materi Ekosistem Pada Pembelajaran IPA Di Kelas V SDN 6 Palu”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Nur Rahma, S.Si., M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu bagaimana kesulitan belajar siswa dalam memahami materi ekosistem pada pembelajaran IPA di Kelas V SDN 6 Palu. Tujuan dalam penelitian ini ialah untuk mengetahui kesulitan belajar siswa dalam memahami materi ekosistem pada pembelajaran IPA di Kelas V SDN 6 Palu. Adapun sampel dalam penelitian ini sebanyak 9 orang siswa kelas V SDN 6 Palu. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah Observasi, Wawancara, Kuesioner dan dokumentasi. Selanjutnya data yang terkumpul akan dianalisis dengan 4 tahapan yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa dari lima faktor, terdapat dua faktor yang tidak berpengaruh yaitu faktor gangguan sensory-motor dan perspektual serta faktor gangguan Berpikir, adapun faktor yang berpengaruh terhadap kesulitan belajar ialah faktor gangguan perhatian, faktor gangguan ingatan, dan hiperaktif. Kata Kunci : Kesulitan belajar, Pemahaman siswa, Materi ekosistem ABSTRACT Marsela Manuru Kuroru 2022. "Analysis of Students' Learning Difficulties in Understanding Ecosystem Materials in Science Learning in Class V SDN 6 Palu". Thesis, Elementary School Teacher Education Study Program, Department of Education, Faculty of Teacher Training and Education, Tadulako University. Advisor Nur Rahma, S.Si., M.Pd. The problem in this study is how students' learning difficulties in understanding ecosystem material in science learning in Class V SDN 6 Palu.The purpose of this research is to find out students’ learning difficulties in understanding ecosystem material in science learning in class V SDN 6 Palu. As for the sample in this study as many as 9 students of Class V SDN 6 Palu. Data collection techniques used are observation, interviews, questionnaires and documentation. Furthermore, the collected data will be analyzed in 4 stages, namely data collection, data condensation, data presentation, and drawing conclusions. The results of this study found that of the five factors, there were twofactors that had no effect, namely sensory-motor and perspectual disturbances as well as thinking disordes, while factors that influenced learning difficulties were attention disturbences, memory disordes, and hyperactivity. Keywords: learning difficulties, student understanding, material ecosystem

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up