JudulHubungan Antara Disiplin Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas Tinggi SD Inpres Bambaloka |
Nama: MUSDALIFAH |
Tahun: 2022 |
Abstrak Musdalifah. 2018. Hubungan Antara Disiplin Belajar dengan Hasil Belajar Siswa Kelas Tinggi SD Inpres Bambaloka. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Dosen Pembimbing Rizal, S.Ag., M.Pd. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Dalam penelitian ini yaitu mengidentifikasi masalah, membatasi dan merumuskan masalah, melakukan studi pustaka, menentukan kerangka berpikir dan hipotesis, mendesain metode penelitian, menyusun instrumen. mengumpulkan dan menganalisis data, menguji hipotesis. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas IV, V, SD Inpres Bambaloka dengan jumlah siswa 152. Teknik pengambilan sampel menggunakan Proportionote Stratified Random Sampling dengan jumlah sampel 40 siswa. Teknik pengambilan data menggunakan dokumentasi dan angket. Uji hipotesis menggunakan product moment. Hasil penelitian menunjukan bahwa kedisiplinan siswa SD Inpres Bambaloka rata-rata 131 sebanyak 47,1% tergolong dalam kategori sangat baik. Hasil belajar siswa SD Inpres Bambaloka rata-rata 70 sebanyak 42,6% tergolong dalam kategori baik. Hasil r hitung sebesar 0,679 dan sig 0,00 < 0,005 yang menunjukan bahwa adanya hubungan yang positif dan signifikan antara kedisiplinan dan hasil belajar. Simpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan positif antara kedisiplinan dengan hasil belajar siswa SD Inpres Bambaloka. Kata Kunci: Hasil Belajar, Kedisiplinan, Siswa |