Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulAnalisis Kesalahan Konsep, Fakta, Prinsip Dan Keterampilan Berdasarkan Kemampuan Berpikir Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Perkalian Pecahan Biasa Dengan Pecahan Biasa Dan Pecahan Campuran Dengan Pecahan Campuran Di Kelas V SD Negeri 5 Palu
Nama: INES PRISKILA DJALEHA
Tahun: 2022
Abstrak
ABSTRAK Ines Priskila Djaleha, 2021. Analisis kesalahan konsep, fakta, prinsip dan keterampilan berdasarkan kemampuan berpikir siswa dalam menyelesaikan soal perkalian pecahan biasa dengan pecahan biasa dan pecahan campuran dengan pecahan campuran di kelas V SD Negeri 5 Palu. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Mufidah Pendidikan merupakan sarana terpenting untuk membantu manusia dalam mengembangkan dirinya, sehingga mampu menjadi manusia yang berkualitas tujuan pembelajaran matematika adalah membentuk kemampuan bernalar pada diri siswa yang tercermin melalui kemampuan berpikir logis, kritis, sistematis, dan memiliki sifat objektif, jujur, disiplin dalam memecahkan suatu permasalahan dalam bidang matematika maupun dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kesalahan konsep, fakta, prinsip dan keterampilan berdasarkan kemampuan berpikir yang dilakukan oleh siswa kelas V SDN 5 PALU dalam materi perkalian pecahan biasa dengan pecahan biasa dan pecahan campuran dengan pecahan campuran. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Dengan sampel siswa kelas V SD Negeri 5 Palu. Teknik pengambilan data menggunakan tes tertulis untuk menganalisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal perkalian pecahan dan wawancara untuk menelusuri kesalahan siswa secara lebih mendalam. Berdasarkan hasil analisis tes tertulis dan wawancara diperoleh bahwa siswa yang memiliki tingkat kemampuan berpikir tinggi melakukan kesalahan konsep,prinsip dan keterampilan serta kesalahan paling sedikit yang dilakukan adalah kesalahan fakta, sedangkan siswa tingkat kemampuan berpikir sedang melakukan kesalahan fakta, prinsip dan keterampilan serta kesalahan yang paling sedikit dilakukan adalah kesalahan konsep, sedangkan siswa tingkat kemampuan berpikir rendah melakukan kesalahan konsep, fakta, prinsip dan keterampilan/ prosedural. Keywords : Analisis kesalahan, perkalian pecahan biasa dengan pecahan biasa dan perkalian pecahan campuran dan pecahan campuran, langkah polya.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up