Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulAnalisis Peran Guru Dalam Pembelajaran Seni Musik Pada Kelas V B SD Inpres 8 Mamboro
Nama: CLAUDIA ZINDI SEPTIARI
Tahun: 2022
Abstrak
Claudia Zindi Septiari Lagole 2022. Peran Guru Dalam Pembelajaran Seni Musik Pada kelas V B SD Inpres 8 Mamboro. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Dosen Pembimbing ibu Yun Rarnasari Lagandese S.Pd., M.Pd Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan sejauh mana Peran Guru Dalam Pembelajaran Seni Musik Pada Kelas V B SD inpres 8 Mamboro. Pendekatan yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskritif . melalui metode ini akan mendeskripsikan Peran Guru Dalam Pembelajaran Seni Musik Pada Kelas V B SD Inpres 8 Mamboro. Pembelajaran seni musik di sekolah, khususnya sekolah dasar memerlukan peran guru yang signifikan agar tujuan pembelajaran tercapai secara optimal.penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran guru dalam pembelajaran seni musi pada kela v b sd inpres 8 mamboro. Tehnik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, observasi dan observasi. Berdasarkan analisis kualitatif deskritif presentase menunjukan bahwa secara umum guru dalam melaksanakan pembelajaran seni musik berada pada kategori sedang. Hasil perhitungan dari 20 responden, di peroleh 4 siswa atau 20% yang memiliki pencapaian nilai 62-72 masuk dalam kategori tinggi dan 18 siswa atau 80% memiliki klarifikasi pencapaian nilai 51-61 sehingga masuk dalam kategori sedang. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari lima indikator peran guru, indikator guru sebagai demonstrasi, pengelolah kelas, mediator, fasilitator, dan evaluator berada pada kategori sedang. Oleh karena itu, diharapkan peran guru untuk lebih menambah wawasannya mengenai musik, baik teori maupun praktik. Sehingga guru dapat melaksanakan perannya dalam pembelajara seni musik secara optimal. Kata Kunci: Pembelajaran, Peran Guru, Seni Musik

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up