JudulMeningkatkan Kemampuan Siswa Kelas IV SD Negeri Wuasa Menyanyikan Lagu Daerah Dengan Metode Demonstrasi |
Nama: ALTRISCA FITRIANI MPOLADA |
Tahun: 2024 |
Abstrak Altrisca Fitriani Mpolada, 2023. Meningkatkan Kemampuan Siswa Kelas IV SD Negeri Wuasa dengan Metode Demonstrasi. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing ibu Yun Ratna Lagandesa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas IV SD Negeri Wuasa dalam menyanyikan lagu daerah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 4 SD Negeri Wuasa tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 12 orang siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah alur desain model Kemmis dan Mc Taggart. Metode pengumpulan data yaitu menggunakan praktek, observasi, dan dokumentasi. Sementara teknik analisis data yaitu data kualitatif (data yang diperoleh dari lembar observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa) dan data kuantitatif (data berupa angka-angka yang diperoleh dari hasil evaluasi akhir siswa menggunakan tes dalam bentuk praktek). Hasil penelitian ini adalah: (1) dalam menyanyikan lagu daerah bahasa pekurehua siswa mengalami peningkatan, yaitu pada siklus I Persentase KBK hanya mencapai 66,6% pada siklus II Persentase KBK meningkat menjadi 81,8%, selain itu hasil observasi siwa meningkat pada siklus I persentase yang dicapai adalah 73,3?ngan kategori cukup dan siklus II persentase meningkat menjadi 89,3?ngan kategori baik; (2) Penggunaan Metode Demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menyanyikan lagu daerah; (3) Penggunaan metode praktek mempermudah siswa dalam memahami suatu masalah serta memotivasi siswa untuk lebih dalam membangun pengetahuan untuk menyelesaikan masalah; dan (4) Dengan berkelompok siswa mampu untuk bekerja sama. Kata Kunci : Hasil menyanyi, metode demonstras |