JudulANALISIS PERAN GURU TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS V B SDN INPRES 5 BIROBULI |
Nama: MOHAMMAD RIFAL |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Rifal, 2022 Analisis Peran Guru terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V B SDN Inpres 5 Birobuli. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Dr. Nashrullah, S.Pd.I, M.Pd Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Peran Guru Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas IV B di SD Inpres 5 Birobuli. Jenis penelitian adalah penelitian kualitaif dengan populasi penelitian seluruh siswa kelas V B SDN Inpres 5 Birobuli yang terdiri dari 35 siswa. Sampel penelitian ini adalah kelas V B SDN Inpres 5 Birobuli yang terdiri dari 15 siswa terdiri dari 4 laki-laki dan 11 perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dokumentasi serta analisis data untuk mendeskripsikan digunakan teknik, “Analisis Despkripsi” dengan rumus : p=f/n x100%. Berdasarkan hasil analisis deskriptif dari 15 siswa yang menjadi responden terdapat 13 siswa atau 86.66667% yang menyatakan peran guru terhadap minat belajar baik, terdapat 2 siswa atau 13.33333% yang menyatakan peran guru terhadap minat belajar siswa cukup. Peranan guru yang baik, dapat meningkatkan minat belajar siswa yang tinggi. Sehingga dapat di simpulkan bahwa guru sangatlah berperan penting dalam meningkatkan minat belajar siswa. Kata Kunci : Peran Guru, Minat Belajar |