JudulPERAN GURU DALAM MEMBERIKAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP SISWA YANG MENGALAMI KESULITAN BELAJAR DI KELAS 5 SDN1 UEDELE KEC TOJO KAB TOJO UNA UNA |
Nama: ADUTYA NURHIKMAH M HASAN |
Tahun: 2024 |
Abstrak Aditya Nur Himah M. Hasan, (2024). Peran Guru Dalam Memberikan Motivasi Belajar Terhadap Siswa Yang Mengalami Kesulitan Belajar Kelas V SDN 1 Uedele Kecamatan Tojo Kabupaten Tojo Una-Una. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. Rizal, S.Ag M.pd. Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya motivasi siswa untuk belajar. Model analisis interaktif miles dan huberman. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru meningkatakan dan meberikan motivasi siswa yang mengalami kesulitan belajar, Pada siwa kela 5 SDN 1 Uedele. Penelitian ini adalah penelitian kuaalitatif deskriptif, yang dilaksanakan di kelas V SDN 1 Uedele. Subyek penelitian melibatkan guru wali kelas V dan melibatkan 19 siswa. Berdasarkan hasil wawancara antara peneliti dengan Walikelas V SDN 1 Uedele pada tanggal 16 juli 2023 bahwa wali kelas V saat ini sangat mengupayakan manajemen perubahan untuk bisa mencapai standar belajar nasional Pendidikan dan meningkatkan minat belajar siswa. Guru memegang peran penting dalam menciptakan suasana belajar yang sebaik-baiknya. Guru membimbing dan juga mengarahkan, serta mengevaluasi hasil belajar peserta didik. Guru membantu peserta didik untuk mendapatkan hasil belajar yang maksimal dan juga membantu peserta didik dalam mengatasi kesulitan-kesulitan yang dialami peserta didik dalam belajar. Kata Kunci: Peran Guru, Kesulitan belajar |