JudulPERAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA DI MASA PANDEMI KELAS V SDN POBOYA |
Nama: NURJANAH |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Nurjanah, 2021 Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Di Masa Pandemic Kelas V SDN Poboya Kecamatan Mantikulore. Skripsi, program studi Pendidikan guru sekolah dasar, jurusan ilmu Pendidikan, fakultas keguruan dan ilmu Pendidikan, universitas tadulako. Pembimbing: Nurahma. Motivasi dalam belajar sangat penting karena dengan motivasi dapat menghasilkan minat dan usaha yang menunjang keberhasilan belajar siswa yang didukung oleh berbagai indikator atau unsur. Pembelajaran IPA merupakan salah satu pembelajaran yang membutuhkan keterampilan proses ilmiah dan sikap dalam memahami ilmu tentang alam dan isinya. Pembelajaran IPA secara daring di kelas V SDN Poboya dilakukan selama masa pandemi yang dalam pelaksanaannya tidak lepas dari peran guru dan orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPA dimasa pandemi kelas V SDN Poboya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini di lakukan di SDN Poboya dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Poboya sebanyak 21 orang dan orang tua siswa kelas V SDN Poboya sebanyak 21 orang. Pengumpulan data yang dilakukan peneliti adalah wawancara, angket dan dokumentasi. Usaha yang dilakukan orang tua dalam menerapkan 4 komponen indikator peran orang tua sebagai pendidik, pembimbing, motivator dan fasilitator dikategorikan sangat tinggi dengan hasil angket menunjukan 65% orang tua yang selalu berperan, 21% orang tua yang kadang-kadang berperan, 9% orang tua yang jarang berperan dan 5% orang tua tidak pernah berperan. Motivasi belajar siswa terdapat 60% siswa yang sangat tinggi termotivasi, 22% siswa yang rendah termotivasi, 10% siswa yang sangat rendah termotivasi dan 8% siswa yang sangat rendah termotivasi. Berdasarkan hasil penelitian orang tua berperan terhadap motivasi belajar siswa dengan kategori sangat tinggi. Kata kunci : Peran orang tua, motivasi belajar dan pembelajaran IPA secara daring |