Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN PRAKARYA DENGAN TARI TORATA DI KELAS III SD BUMI SAGU
Nama: SUHAINI H YAITA
Tahun: 2025
Abstrak
Suhaini H. Yaita, 2024, Pembelajaran Seni Budaya dan Prakaya Dengan Tari Torata di Kelas III SD Bumi Sagu, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing (1) DR. Andi Imrah Dewi, S.Pd., M.Sn Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya Dengan Tari Torata di Kelas III SD Bumi Sagu. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas III yang berjumlah 27 siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitaif dengan pendekatan deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah, angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran SBdP dengan tari Torata di Kelas III SD Bumi Sagu dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami dan mengapresiasi budaya lokal, serta meningkatkan minat dan motivasi siswa dalam belajar. Hal ini dapat dilihat pada prensentase jawaban responden, yaitu dari 27 responden siswa presentase jawaban sangat setuju 22,96%, sedangkan 57,22% menjawab setuju, 11,67% menjawab kurang setuju dan 8,15% menjawab tidak setuju. Dengan kata lain para siswa di kelas III SD Inpres Bumi Sagu sudah menunjukkan minatnya dalam mata Pelajaran SBdP sesuai yang diharapkan. Kata Kunci : Pembelajaran, Minat belajar, SBdP, Tari Torata.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up