JudulMENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DI KELAS IV SD INPRES 3 BIROBULI |
Nama: NI LUH SARIANI |
Tahun: 2022 |
Abstrak Ni Luh Sariani. 2022. Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) di Kelas IVSD Inpres 3 Birobuli. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing Arif Firmansyah. Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Upaya pemecahan masalah yang digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa yaitu dengan menerapkan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Inpres 3 Birobuli yang berjumlah 34 orang siswa, yang terdiri dari 11 orang siswa laki-laki dan 23 orang siswa perempuan. Data dikumpulkan melalui lembar observasi guru dan siswa serta tes hasil tindakan. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan persentase Daya Serap Klasikal (DSK) siswa sebesar 75,58% serta persentase Ketuntasan Belajar Klasikal (KBK) sebesar 76,47%. Sedangkan pada siklus II diperoleh persentase Daya Serap Klasikal (DSK) siswa sebesar 83,52% serta persentase Ketuntasan Belajar Klasikal (KBK) sebesar 88,23%. Berdasarkan persentase ketuntasan hasil belajar siklus I dan siklus II, maka telah terjadi peningkatan yang signifikan yaitu pada DSK terjadi peningkatan sebesar 7,94?ri siklus I sebesar 75,58?n siklus II sebesar 83,52%. Begitu juga pada KBK terjadi peningkatan yang signifikan yaitu sebesar 11,76?ri siklus I sebesar 83,52?n siklus II sebesar 88,23%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa SD Inpres 3 Birobuli Kelas IV pada mata pelajaran IPS. Kata kunci : Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL), Hasil Belajar, Mata Pelajaran IPS. |