JudulAnalisis Penerapan Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran SBDP Pada Seni Tari Siswa Kelas V SDN 5 Sindue Tobata |
Nama: RIRIN APRIYANA |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Ririn Apriyana 2022. Analisis Penerapan Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran Sbdp Siswa Kelas V SDN 5 Sindue Tobata. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Dosen Pembimbing: Nurahma S.Pd., M.Pd,. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan mendeskripsikan penerapan pendekatan saintifik pada pembelajaran SBdP siswa kelas V SDN 5 Sindue Tobata. Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Menggunakan sampel 1 guru dan 25 siswa kelas V di SDN 5 Sindue Tobata. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian ini adalah pelaksanaan penerapan pembelajaran SBdP dengan pendekatan saintifik di SDN V Sindue Tobata telah memenuhi standar pendekatan saintifik, karena: pendahuluan diawali dengan salam, absensi, apperepsi, penjelasan kompetensi inti (KI), kompetensi dasar (KD), serta indikator. Kegitan inti menerapkan alur pembelajaran pendekatan saintifik yang meliputi 5 M, yaitu: mengamati, menanya, mencoba, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan dan kegiatan penutup telah dilaksanakan dengan baik. Dapat disimpulkan bahwa semua indikator terlaksana mulai dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan dan penutup dalam melaksanakan pembelajaran. Kata kunci : Analisis; Pendekatan Saintifik; SBdP; |