JudulPENGARUH METODE EKSPERIMEN PADA MATA PELAJARAN IPA TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SISWA SD INPRES PINOTU |
Nama: FEBRIYANTI PRATIWI |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Febriyanti Pratiwi, (2021) Pengaruh Metode Eksperimen pada Mata Pelajaran IPA Terhadap Kreativitas Belajar Siswa SD Inpres Pinotu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Rizal S.Pd.,M.Pd Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran IPA di SD Inpres Pinotu dengan menggunakan metode eksperimen. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian yang digunakan adalah quasy eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD Inpres Pinotu. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Inpres Pinotu yaitu 33 orang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan rubrik penilaian kreativitas, observasi dan dokumentasi. Uji hipotesis menggunakan uji-t (t test). Hasil perhitungan thitung = 6,38 lebih besar dari ttabel = 1,69. Dengan demikian, hipotesis yang menyatakan ada pengaruh metode eksperimen pada mata pelajaran IPA terhadap kreativitas belajar siswa SD Inpres Pinotu “diterima”. Dari hasil penelitian diatas, maka dapat diketahui bahwa metode eksperimen pada mata pelajaran IPA berpengaruh terhadap kreativitas belajar siswa SD Inpres Pinotu. Kata Kunci : metode eksperimen, Pembelajaran IPA, tes kreativitas belajar |