Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulHubungan Antara Lingkungan Belajar Di Sekolah Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas IV SD Inpres 4 Toribulu
Nama: YUSNI
Tahun: 2022
Abstrak
ABSTRAK Yusni, 2022. Hubungan Antara Lingkungan belajar Di Sekolah Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas IV SD Inpres 4 Toribulu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Abdul Rahman S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara lingkungan belajar di sekolah dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam kelas IV SD Inpres 4 Toribulu. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan tenik observasi, wawacara, angket, dan dokumentasi. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 23 orang siswa yang terdiri atas 10 orang siswa laki-laki dan 13 orang siswa perempuan. Intrumen yang digunakan dalam proses penelitian ini adalah mengunakan Angket dan lembar wawancara untuk memperoleh data lingkungan belajar siswa. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik Analisis Deskriptif dan Analisis Inferensial. Pengujian hipotesis mengunakan korelasi produk moment pada taraf siknifikan 5?n taraf kepercayaan 95%. Berdasarkan hasil angket lingkungan belajar siswa kelas IV SD Inpres 4 Toribulu diperoleh nilai skor 1624 dari 23 siswa, sehingga hasil persentasenya 70,60?ngan klasifikasi tinggi. Sedangkan untuk hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV SD Inpres 4 Toribulu di peroleh jumlah skor 1798 dari 23 siswa, sehingga hasil persentasenya 76,86?ngan klasifikasi baik. Pengujian hipotesis menunjukan bahwa rhitung > rtabel atau 0,717 > 0,413 dengan taraf signifikan 0,05 dan korelasi pada penelitian ini tergolong kuat (0,61- 0799). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara lingkungan belajar di sekolah dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam kelas IV SD Inpres 4 Toribulu. Kata Kunci : Hubungan, Lingkungan Belajar, Hasil Belajar Siswa, Pelajaran IPA

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up