JudulHUBUNGAN PENERAPAN MANAJEMEN KELAS DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SDN 9 SINDUE |
Nama: MOH.FADIL |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Moh.Fadil, 2021. Hubungan Penerapan Manajemen Kelas dengan Prestasi Belajar Siswa di SDN 9 Sindue. Skripsi, Program Studi pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Abdul Rahman S.Pd., M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu apakah ada hubungan penerapan manajemen kelas dengan prestasi belajar siswa di SDN 9 Sindue? Penelitian ini bertujuan mengetahui ada tidaknya hubungan penerapan manajemen kelas dengan prestasi belajar siswa di SDN 9 Sindue. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 15 orang yang terdiri dari 9 laki-laki dan 6 perempuan. Pengumpulan data dalam penelitian menggunakan Observasi, Angket, dan Dokumentasi, Analisis data penelitian dengan teknik persentase, sedangkan untuk menguji hipotesis menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari 15 orang siswa kelas IV SDN 9 Sindue, 6 orang siswa atau 40% yang menyatakan persentase manajemen kelas sangat tinggi, 9 orang siswa atau 60% yang menyatakan persentase manajemen kelas tinggi. Berdasarkan analisis inferensial, diperoleh ????h???????????????????? yaitu 0,650 jika nilai ????h???????????????????? dikonsultasikan ke ???????????????????????? dengan jumlah sampel penelitian 15 dan taraf signifikan 5%, maka diperoleh nilai ???????????????????????? yaitu 0,514. Sehingga ????h???????????????????? > ???????????????????????? atau 0,650 > 0,514, berdasarkan data penelitian kuantitatif, Jika ????h???????????????????? > ????????????bel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat diketahui bahwa Ha yang diajukan dalam penelitian ini diterima, dan Ho yang menyatakan ditolak, serta dapat dikatakan bahwa ada hubungan penerapan manajemen kelas dengan prestasi belajar siswa di SDN 9 Sindue. Kata Kunci : Manajemen Kelas, Prestasi, Belajar Siswa, Hubungan, Penerapan |