Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD INPRES 2 TOBOLI PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI KELOMPOK
Nama: MUHAMMAD FARABI AFRAH
Tahun: 2022
Abstrak
ABSTRAK Muhammad Farabi Afrah (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV melalui Metode Diskusi Kelompok SD Inpres 2 Toboli. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidkan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Rizal Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS melalui metode diskusi pada siswa kelas IV SD Inpres 2 Toboli. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara bersiklus. Hasil penelitian, aktivitas guru siklus I 55.26%, siklus II meningkat 82.89% presentase peningkatan aktivitas guru sebesar 27.63%. Untuk aktivitas siswa siklus I diperoleh presentase 54.68?n meningkat pada siklus II menjadi 84.37% presentase peningkatan aktivitas siswa sebesar 29.69%. Hasil belajar pada siklus I, diperoleh presentase ketuntasan belajar klasikal 42.85%, pada siklus II mengalami peningkatan dengan presentase ketuntasan belajar klasikal mencapai 100%, dan daya serap klasikal pada tindakan siklus I sebesar 64.28% meningkat pada siklus II 74.64%. disimpulkan bahwa penggunaan metode diskusi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Inpres 2 Toboli pada pembelajaran IPS. Kata Kunci : Hasil Belajar, Metode Diskusi

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up