JudulPENERAPAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISTIK BERBANTUAN MEDIA VIDEO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 024 SALU KAILI |
Nama: DWI JAYANTI SUDU |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Dwi Jayanti Sudu, 2022. Penerapan Pendekatan Konstruktivistik Berbantuan Media Video untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V B SDN 024 Salu Kaili. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Rizal Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui penerapan pendekatan konstruktivistik berbantuan media video pada siswa kelas V B SDN 024 Salu Kaili. Desain penelitian ini mengacu pada model Kemmis dan Mc.Tanggart yang terdiri dari 4 tahap, yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus dan diterapkan pada siswa kelas V B SDN 024 Salu Kaili dengan jumlah 32 siswa, 14 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi dan wawancara. Teknik analisis data pada penelitian ini ada dua yaitu analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil belajar siklus I ketuntasan belajar klasikal sebesar 71,87?n daya serap klasikal sebesar 75,16%. Hasil observasi kegiatan guru dan siswa dalam kegiatan pembelajaran pada siklus I berada pada kategori baik. Hasil belajar pada siklus II ketuntasan belajar klasikal sebesar 93,75?n daya serap klasikal 81,87%. Hasil observasi kegiatan guru dan siswa dalam kegiatan pembelajaran pada siklus II berada pada kategori sangat baik. Berdasarkan indikator kinerja keberhasilan tindakan ini dapat disimpulkan bahwa, dengan menerapkan pendekatan konstruktivistik dan penggunaan media video pada pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar Siswa Kelas V SDN 024 Salu Kaili. Kata Kunci: Konstruktivistik, Media Video, Hasil Belajar IPA |