JudulPENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SDN INPRES 6 WATUOGE |
Nama: SULASRIYANI |
Tahun: 2023 |
Abstrak ABSTRAK Sulasriyani 2023. Pengaruh Penggunaan Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SDN Inpres 6 Watuoge. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dr,Herlina, S.pd.,M.pd Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui apakah ada Pengaruh Penggunaan Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SDN Inpres 6 Watuoge. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas IV SDN Inpres 6 Watuoge yang berjumlah 30 orang siswa, yang terdiri dari 13 orang laki-laki dan 17 orang perempuan. Teknik pengumpulan data ini berupa observasi aktivitas guru dan observasi aktivitas siswa, pemberian tes dan wawancara. Berdasarkan dari hasil tes akhir menunjukkan bahwa sebelum diterapkan media Animasi jumlah persentase siswa yang tuntas hanya 26,67?n jumlah persentase siswa yang tidak tuntas 73,33%. Sedangkan setelah diterapkan media animasi jumlah persentase siswa yang tuntas adalah 86,67?n jumlah persentase siswa yang tidak tuntas adalah 13,33%. Hasil penelitian ini dapat dilihat dari hasil perhitungan t-score diperoleh = 1,807 serta (pada taraf signifikan 0,05) = 1,67155. Oleh karena itu > maka Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan pada indikator penelitian tersebut, disimpulkan bahwa penggunaan media animasi berpengaruh terhadap hasil belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SDN Inpres 6 Watuoge. Kata kunci : Media Animasi, Hasil Belajar |