JudulPengaruh Penggunaan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Kelas IV SDN 14 SIRENJA |
Nama: TANIA LESTARI ANANDA |
Tahun: 2023 |
Abstrak Tania Lestari Ananda, 2022. Pengaruh Penggunaan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SDN 14 Sirenja . Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Rizal Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui apakah ada Pengaruh Penggunaan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SDN 14 Sirenja. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas IV SDN 14 Sirenja yang berjumlah 30 orang siswa, yang terdiri dari 13 orang laki-laki dan 17 orang perempuan. Teknik pengumpulan data ini berupa observasi aktivitas guru dan observasi aktivitas siswa, pemberian tes dan wawancara. Berdasarkan dari hasil tes akhir menunjukkan bahwa sebelum diterapkan media gambar jumlah persentase siswa yang tuntas hanya 26,67?n jumlah persentase siswa yang tidak tuntas 73,33%. Sedangkan setelah diterapkan media gambar jumlah persentase siswa yang tuntas adalah 86,67?n jumlah persentase siswa yang tidak tuntas adalah 13,33%. Hasil penelitian ini dapat dilihat dari hasil perhitungan t-score diperoleh = 1,807 serta (pada taraf signifikan 0,05) = 1,67155. Oleh karena itu > maka Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan pada indikator penelitian tersebut, disimpulkan bahwa penggunaan media gambar berpengaruh terhadap hasil belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SDN 14 Sirenja. Kata kunci : Media Gambar, Hasil Belajar |