Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH METODE DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS IV PADA PEMBELAJARAN IPS DI SDN ASTINA
Nama: NILUH JEIN MELIANA PUTRI
Tahun: 2022
Abstrak
Niluh Jein Meliana Putri, 2022. Pengaruh Metode Discovery Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di kelas IV pada Pembelajaran IPS di SDN Astina. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Arif Firmansyah. Ceramah monoton dimana guru yang aktif, Hal ini dapat mempengaruhi semangat belajar siswa yang berdampak pada hasil belajar siswa menjadi rendah. Kondisi yang sama juga terjadi pada siswa Kelas IV di SDN astina. Upaya yang bisa dilakukan adalah pembelajaran yang kreatif dan inovatif, guna meningkatkan hasil belajar IPS siswa, salah satunya Metode Discovery Learning. Tujuan penelitian adalah untuk melihat pengaruh Discovery Learning terhadap meningkatkan hasil belajar IPS siswa. Desain metode eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-Experimental Design dengan bentuk One-Group Pretest-Posttest Design. Hasil hasil penelitian yang telah diuraikan pada bab sebelumnya, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Astina. Dari hasil post test yang telah diperoleh Kelas IV A sebagai kelas eksperimen dengan nilai rata-rata sebesar 81,9 dan Kelas IV B sebagai kelas kontrol dengan nilai rata-rata yaitu 72,2, yaitu bahwa Perhitungan uji-t pada posttest thitung (7,726) > ttabel(2,10092) yang artinya terdapat perbedaan rata-rata pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kenaikan pretest-posttest pada kelas eksperimen sebesar 19,6 sedangkan pada kelas kontrol kenaikan pretest-posttest sebesar 9,4. Kata Kunci: Pengaruh Metode Discovery Learning; Hasil Belajar; Pembelajaran IPS.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up