JudulHUBUNGAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR SBdP KELAS IV SD GPID PALU |
Nama: ERLIS |
Tahun: 2022 |
Abstrak Erlis, 2022. Hubungan Kreativitas Belajar Siswa dengan Hasil Belajar SBdP Kelas IV SD GPID Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Yun Ratna Lagandesa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Hubungan kreativitas belajar siswa dengan hasil belajar SBdP Kelas IV SD GPID Palu. Hipotesis yang diuji dalam penelitian ini adalah “Ada Hubungan Kreativitas Belajar Siawa dengan Hasil Belajar SBdP Kelas IV SD GPID Palu”. Adapun subjek yang diambil yaitu kelas IV sebanyak 30 siswa untuk mengumpulkan data,digunakan instrument berupa angket yang diberikan kepada siswa kelas IV serta melihat hasil nilai raport. Selanjutnya data yang terkumpul diolah dan dianalisis dengan menggunakan teknik presentase dan korelasi product moment pada taraf kepercayaan 95%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 25 siswa atau 83,33% siswa berpendapat kreativitas belajar yang tergolong sangat tinggi, 5 siswa atau 16,66% siswa berpendapat kreativitas belajar yang tergolong tinggi, dan tidak terdapat siswa atau 0% siswa yang berpendapat kreativitas belajar yang tergolong sedang,rendah maupun sangat rendah. Sedangkan untuk hasil belajar siswa terdapat 30 siswa atau 100% siswa yang memiliki hasil belajar tergolong sangat tinggi, dan tidak terdapat siswa atau 0% siswa yang memiliki hasil belajar tinggi, sedang, rendah dan sangat rendah. Dari hasil pengujian analisis inferensial dengan menggunakan rumus korelasi pada taraf kepercayaan 95% diperoleh rh (r hitung) = 0,723 dikonsultasikan dengan tabel r diperoleh 0,361, dengan demikian rh (r hitung) > rt (r tabel) atau 0,723 > 0,361. Maka konsekuensinya Ho ditolak. Dengan demikian ada hubungan kreativitas belajar siswa dengan hasil belajar SBdP Kelas IV SD GPID Palu. Kata Kunci : Kreativitas belajar siswa, Hasil belajar |