JudulPengaruh Metode Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Di Kelas IV SD Inpres 3 Lolu |
Nama: NI MADE JUNIATI |
Tahun: 2022 |
Abstrak Ni Made Juniati, 2022. Pengaruh Metode Inkuiri terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS di Kelas IV SD Inpres 3 Lolu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Arif Firmansyah,. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu Ceramah monoton dimana guru yang aktif, Hal ini dapat mempengaruhi hasil belajar siswa menjadi rendah. Kondisi yang sama juga terjadipada siswa Kelas IV di SD Inpres 3 Lolu. Upaya yang bisa dilakukan adalah pembelajaran yang kreatif dan inovatif, guna meningkatkan hasil belajar IPS siswa, salah satunya Metode Inkuiri. Tujuan penelitian adalah untuk melihat pengaruh Metode Inkuiri terhadap hasil belajar IPS di kelas IV SD Inpres 3 Lolu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Subjek penelitian siswa Kelas IV di SD Inpres 3 Lolu. Hasil penelitian Penggunaan metode pembelajaran inkuiri mampu membantu meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS materi sejarah kelas IVSD Inpres 3 Lolu. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil belajar siswa yang meningkat dari hasil sebelum dilakukannya pembelajaran inkuiri di kelas eksperimen dari 62,29 menjadi 78,00, sedangkan di kelas kontrol hanya meningkat dari 61,52 menjadi 71,05 dan Penggunaan metode pembelajaran inkuiri juga mampu mempengaruhi hasil belajar siswa pada pelajaran IPS materi sejarah kelas IVSD Inpres 3 Lolu. Hal ini dapat dilihatdari ketuntasan klasikal hasil belajar siswa kelas eksperimen 91,429% yang lebih tinngi dari ketuntasan klasikal kelas kontrol 68,71%. Kata Kunci: Pengaruh Metode Inkuiri; Hasil Belajar; Pembelajaran IPS. |